Inspirasi Undangan Pernikahan Modern Berbahan Non-Kertas

Inspirasi Undangan Pernikahan Modern – Saat tiba waktunya bagi calon pengantin untuk memilih desain undangan pernikahan, ada begitu banyak tren yang datang dan pergi. Tapi satu tren yang akhir-akhir ini cukup menarik perhatian adalah penggunaan bahan non-kertas. Tidak seperti undangan lain yang menggunakan bahan-bahan dominan kertas, beberapa inspirasi undangan pernikahan ini tetap menampilkan informasi acara pernikahan dengan tepat, tanpa melupakan kesan pertama yang ingin ditinggalkan bagi penerimanya.

Ada banyak alasan yang mendorong kebanyakan vendor maupun konsumen yang mencari undangan yang tampak modern ini. Mulai dari keinginan untuk standout hingga inginnya menciptakan karya seni yang bukan hanya diterima dan dibaca tapi juga disimpan secara permanen. Kertas umumnya dilihat sebagai bahan sekali pakai yang kemudian dibuang. Namun undangan pernikahan yang terbuat dari bahan-bahan unik ini memiliki kualitas artistik dan nilai guna yang dapat disimpan dan digunakan kembali untuk tahun-tahun mendatang.

Beberapa Contoh Inspirasi Undangan Pernikahan Modern

Tujuan lainnya adalah memicu minat penerimanya. Resepsi pernikahan sering direncanakan bertahun-tahun sebelumnya dan hanya undangan pernikahan yang mampu menghubungkan para tamu sebelum benar-benar menghadiri acara tersebut. Dari segi biaya pun, tidak semuanya membutuhkan bujet besar. Sebaliknya, beberapa teknik kertas dan pencetakan bisa lebih mahal seperti lasering, engraving, atau sablon.

Nah, tertarik untuk mencoba memesan undangan pernikahan berbahan unik ini? simak beberapa contohnya berikut ini.

Wedding Invitation Bahan Akrilik

Melihat undangan pernikahan berbahan mirip kaca bening ini seakan meneriakkan kemewahan dan keeleganan. Apalagi jika di permukaannya dibubuhi tinta bernuansa metalik, baik bernuansa emas atau silver. Selain itu, ada juga yang memilih penggunaan warna hitam atau putih untuk menuliskan detil informasi acara pernikahan.

Baca Juga :  Undangan Pernikahan Unik dan Elegan Pop Up Model Dion & Jeany

Bentuknya pun makin bervariasi. Jika dulu banyak beredar bentuk persegi, kini muncul berbagai bentuk unik, mulai dari oval hingga geometri. Tampilannya pun tak lagi sekadar polos dan tulisan saja, tapi juga ada detil garis maupun sulur-sulur yang mempercantik penampilannya.

Selain itu, ada juga yang tampil beda dengan menempelkan kertas dengan pilihan warna tertentu di belakang akrilik. Bukan hanya menjadikan undangan tampak beda dengan yang lainnya, tapi juga memperjelas informasi yang dituliskan di bagian permukaannya. Ingin tampil kreatif dengan mengusung tema yang digunakan dalam pernikahan, bisa menambahkan desain rumput-rumputan di bagian bawah untuk memperjelas konsep alami maupun kertas cokelat untuk kesan rustic yang kental.

Lempeng Kayu Tipis

Ingin tampilan undangan pernikahan yang tampak unik dan berbeda dibandingkan desain modern lainnya? Pilih saja bahan papan kayu dengan ketebalan sesuai dengan keinginan. Hal ini pun dipengaruhi juga oleh bujet yang dimiliki, kerumitan desain, hingga biaya pengiriman. Jika ingin menghemat bujet sekaligus memberikan manfaat lebih, tidak ada salahnya memilih papan talenan dengan informasi acara terukir di bagian pernukaannya yang halus. Selain unik, undangan ini juga bisa dijadikan elemen dekoratif yang cantik di rumah.

Untuk memberikan kesan playful dan ceria, bisa juga menggunakan bahan yang sama untuk membuat undangan dalam bentuk puzzle. Dikenal sebagai mainan untuk anak-anak, para penerima dari segala usia pun akan senang menerimanya karena terdorong oleh rasa penasaran dan nostalgia pada masa kecil saat memainkannya. Kemas dalam kantong kain yang diseru di bagian atasnya atau masukkan dalam kotak tebal yang menambah kesan eksklusifnya.

Bahan Kain

Aneka jenis kain memang tidak bisa dipisahkan sebagai elemen pernikahan. Mulai dari busana, aksen dekorasi gedung, hingga kini dijadikan pengganti kartu undangan pernikahan. tampilan kain yang sederhana cocok bagi Anda yang ingin menggelar pernikahan bertema vintage maupun minimalis.

Baca Juga :  Undangan Mewah Vintage Feni dan Indra

Pilih jenis kain yang polos dengan tepian yang dihias semanis mungkin atau gunakan teknik pewarnaan untuk menambahkan warna yang sesuai dengan konsep pernikahan di bagian ujung atas maupun tepian. Usahakan agar informasi acara pernikahan yang tertera di atas kain masih dapat terbaca dengan jelas agar tidak menimbulkan salah paham, misalnya kekeliruan dalam waktu maupun lokasi pernikahan.

Kulit Sintetik

Inspirasi Undangan Pernikahan Modern
Inspirasi Undangan Pernikahan Modern

Penambahan elemen kulit sintetik pada undangan pernikahan ampuh memberikan kesan mewah dan elegan. Gunakan sebagai amplop untuk undangan karton atau berbahan akrilik, yang kemudian dapat dimanfaatkan lagi oleh penerimanya sebagai wadah serbaguna.

Anda bisa menambahkan detil seperti nama pengantin, inisial, tanggal dan lokasi resepsi pernikahan di bagian depan atau belakang dengan menggunakan tinta. Untuk memberikan kesan glamor, bisa juga menambahkan emboser atau wax stamp dalam bentuk logo atau inisial calon pengantin. Jangan lupa pilih warna-warna yang tampak rich seperti hitam, cokelat, atau merah tua.

Balon

Sedikit melenceng dari desain pernikahan yang tampak modern dan minimalis, mencetak detil acara di atas balon memberikan kesan playful dan ceria. Para tamu pun diberikan instruksi untuk meniup balon menjadi besar agar dapat membaca informasi yang tertulis di permukaannya.

Pilih warna yang cerah untuk menggambarkan konsep pesta kebun atau hitam-putih dengan warna tulisan emas untuk kesan retro dan abadi. Memang ada risiko kerusakan pada balon terutama saat menghadapi pengiriman yang cukup jauh, jadi ada baiknya Anda menyertakan informasi tambahan seandainya para tamu kesulitan untuk membaca informasi yang tertera di atas balon.

Baca Juga :  Undangan Pernikahan Elegan Iik Dan Agni

Undangan balon ini juga akan menciptakan kenangan tersendiri di benak para tamu karena mereka seperti diajak “bermain game” meniup balon agar bisa membaca informasi pernikahan yang tertera di permukaan balon.

Lembaran Foto

Jika biasanya foto-foto prewedding hanya digunakan untuk menghiasi undangan pernikahan, kali ini gunakan untuk memberi informasi detil tentang pernikahanmu. Pilih konsep foto dengan membawa papan berisi detil acara atau beberapa foto polaroid yang memegang informasi yang berbeda di setiap fotonya. Ada juga yang mengubahnya sebagai hiasan magnet sehingga para penerimanya dapat menempelkannya di kulkas dan mengingatnya hingga hari-H tiba, bahkan menjadikannya hiasan kulkas yang unik.

Ada banyak pilihan undangan berbahan unik yang bisa melengkapi kemeriahan hari istimewamu. Walau sedang tren, pilih yang sesuai dengan keinginan dan pertimbangkan faktor-faktor lainnya. Mulai dari waktu pengerjaan yang tentunya lebih lama dibandingkan pencetakan pada kertas, biaya yang tidak sedikit, hingga pengiriman yang mungkin lebih rumit. Ada baiknya mengejar kesempurnaan dalam pernikahan impianmu, tapi ingatkan diri untuk bersikap fleksibel agar terhindar dari stres yang tak diperlukan dalam mempersiapkan pernikahan.

***

Wujudkan pernikahan Anda yang ramah lingkungan dengan kartu undangan non kertas. Daripada menggunakan kertas yang kadang mudah kusut, robek atau basah terkena air hujan, gunakan jenis undangan nikah unik non kertas yang tidak pasaran di atas.

Platform undanganpernikahansurabaya.net siap membantu mewujudkan pesanan undangan pernikahan modern sesuai preferensi Anda dan pasangan.

Hubungi via whatsapp yang ada di bawah artikel ini untuk berkonsultasi atau mendapatkan info lebih lengkap. Cek juga akun instagram @anaria_wedding dan follow untuk ide – ide undangan terbaru dari kami.

 

Ikuti update kami di social media