Tips Memesan Undangan Pernikahan Secara Online

Tips Memesan Undangan Pernikahan Secara Online – Undangan pernikahan menjadi satu hal yang perlu segera dipesan ketika persiapan awal seperti tanggal, gedung dan tema pernikahan sudah ditentukan. Biasanya calon pengantin yang akan memesan undangan dapat mendatangi vendor untuk melihat langsung model undangan yang sudah pernah dibuat dan berkonsultasi mengenai keinginannya. Tapi proses ini dianggap cukup ribet dan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Tips Memesan Undangan Pernikahan Secara Online
Tips Memesan Undangan Pernikahan Secara Online

Tapi di zaman yang serba cepat dan modern ini, Anda bisa memesan undangan penikahan secara online. Kebanyakan akan melihat katalog yang ada pada situs resmi atau laman media sosial vendor tersebut lalu melakukan komunikasi, baik melalui telepon, whatsapp, maupun berkirim email. Tapi cara ini masih kurang diminati karena banyak yang ragu akan kualitasnya maupun warna dan ukurannya yang tidak sesuai dengan keinginan.

Jangan sampai harapan besar dalam mendapatkan undangan pernikahan sesuai impian itu berujung kekecewaan, ikuti beberapa tips memesan undangan nikah online berikut ini.

Kredibilitas

undangan lasercutting elegan

Sebelum memutuskan vendor yang melayani pemesanan undangan secara online lebih baik lakukan survey mendalam terlebih dahulu. Cari informasi tentang berapa lama vendor tersebut beroperasi, dan periksa apakah nomer kontak yang dicantumkan di situs bisa dihubungi. Situs yang sering diperbaharui menunjukan pengelolaan yang baik dan menunjukkan kredibilitas. Periksa juga bagaimana feedback pada situs undangan online yang diminati, misalnya terlalu banyak keluhan atau sebaliknya banjir pujian.

Katalog

Undangan Eksklusif dan Mewah

Setelah mendapatkan situs yang kredibel akan lebih baik jika bisa melihat-lihat ke dalam katalog yang disediakan situs tersebut. Cari inspirasi untuk mendapatkan model undangan yang diinginkan dengan melihat contoh yang sudah ada. Jika kurang sreg, bisa juga menanyakan jika vendor tersebut bisa menyanggupi permintaanmu. Pastikan untuk menjelaskan garis besar undangan pernikahan impianmu agar vendor bisa mendapatkan gambaran tentang bentuk, tampilan, dan tentunya harga.

Baca Juga :  Undangan Pernikahan Jakarta dan Keunikan Pernikahan Adat Betawi

Detil

Undangan Softcover Bentuk Unik

Jika menginginkan detil tertentu ditambahkan ke dalam undanganmu pastikan kemampuan vendor terlebih dahulu. Tidak ada salahnya menanyakan jika mereka sanggup melakukan teknik emboss, hotprint, letterpress atau teknik printing lainnya yang diinginkan. Selain itu, tanyakan juga tentang jenis-jenis kertas yang biasa dipakai dalam pembuatan undangan sehingga dapat membayangkan bagaimana hasil akhir dari undangan pernikahanmu.

Informasi Utama

Undangan Amplop bahan Artpaper

Siapkan informasi utama yang ingin ditampilkan dalam undangamu. Dimulai dari yang paling penting berupa nama kedua pengantin, waktu dan lokasi dilakukannya akad atau pemberkatan pernikahan, detail waktu dan lokasi resepsi pernikahan. Informasi penting lainnya adalah nama orang tua kedua mempelai, informasi mengenai kedua mempelai dan daftar ikut mengundang jika ada.

Desain

Desain Undangan Unik

Konsultasikan desain undangan dengan vendor percetakan, mulai dari pemilihan kertas, warna, jenis huruf dan teknik cetak yang akan digunakan dalam undanganmu. Tapi ingat, semakin rumit desain undanganmu tentunya berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan. Kalau memang ada dana berlebih tidak masalah, tapi lebih baik menjaga agar tidak melebihi anggaran yang sudah ditentukan.

Tambahan Foto

Foto Prewedding di dalam undangan

Buat calon pasangan pengantin yang berencana menambahkan foto pada undangan pernikahan, hal ini juga harus menjadi perhatian tersendiri. Tanyakan resolusi minimal dari file foto yang harus dikirimkan dan juga tipenya. Selain itu, pastikan juga untuk mengirimkan foto yang sudah mengalami editing atau bisa dilakukan oleh vendor pembuat undangan.

Pelengkap

Undangan Softcover bahan Artpaper

Biasanya dalam undangan akan diperlukan kartu tambahan berupa peta lokasi ataupun kartu pengambilan souvenir. Tanyakan juga jika hal tersebut sudah termasuk dalam biaya pemesanan kartu undangan atau harus menambah biaya lagi. Hal ini untuk mengurangi kesalahpahaman yang sering terjadi menyangkut dana yang diperlukan untuk membuat dana undangan.

Jumlah

Baca Juga :  Yuk Cari Tahu Daftar Vendor Pernikahan di Surabaya Dengan Pelayanan dan Fasilitas Terbaik

Kalkulasi Kebutuhan Undanganmu

Jika sudah menentukan desain yang diinginkan, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menentukan jumlah undangan. Buat daftar tamu undangan dari kedua calon pengantin dan lebihkan sedikit untuk mengantisipasi adanya kerusakan atau daftar tamu yang tanpa sengaja terlupakan.

Waktu

Waktu Pengerjaan Undangan

Setelah desain dan jumlah undangan pernikahan yang dipesan sudah mencapai kata sepakat, tanyakan mengenai waktu pengerjaan undangan. Pastikan penyelesaiannya tidak terlalu dekat dengan hari pernikahan, minimal 1 bulan sebelum hari-H karena Anda membutuhkan waktu untuk mengirim undangan tersebut ke seluruh calon tamu.

Mock-Up

Undangan Softcover Fullcolour

Mintalah pihak percetakan membuat mock-up dari undanganmu dan mengirimkan fotonya melalui e-mail atau whatsapp. Cek dan ricek mulai dari tulisan hingga bentuk undangan dan segera berikan revisi apabila ditemukan kesalahan. Hal ini untuk menghindari perlunya cetak ulang atau perbaikan yang pastinya memakan biaya dan membutuhkan waktu lebih.

Cek Berkala

Cetak Undangan

Tetap hubungi pihak percetakan secara berkala untuk menanyakan perkembangan pengerjaan undanganmu. Selain mengawal prosesnya, jika ada kesulitan maka Anda bisa mengetahui lebih awal dan bersama-sama bisa berdiskusi untuk mencari solusinya. Jangan lupa untuk meminta foto undangan pernikahan yang sudah  selesai secara detil. Lakukan pemeriksaan apakah semua detil mulai dari desain, warna, tulisan, teknik cetak atau ornamen-ornamen yang diinginkan sudah tercantum sesuai keinginan.

Pengiriman

Kirim Undangan Online

Setelah mendapat kabar jika undangan pernikahan sudah selesai maka langkah selanjutnya adalah mengirimkannya. Apabila masih dalam satu kota mungkin bisa mengambilnya sendiri, tapi jika berbeda kota segera pilih jasa pengiriman yang mempunyai reputasi baik agar undanganmu dapat sampai dengan selamat tanpa kerusakan.

Baca Juga :  Padu Padan Warna Dan Model Undangan

Jangan tergiur harga murah tapi paketmu rusak atau malah lebih buruk hilang dalam pengiriman. Mintalah pihak percetakan mengemasnya dengan baik untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kerusakan dalam pengiriman.

Undangan Diterima

Undangan Elegan dengan Tema Rustic

Setelah paket undangan diterima, lakukan pemeriksaan lagi, terutama dari jumlahnya. Sambil menghitung, teliti kembali untuk melihat adanya undangan yang mengalami kerusakan sehingga dapat disisihkan atau diperbaiki. Setelah semua beres, tulis alamat setiap tamu dan undanganmu pun siap untuk dikirimkan.

Seperti bisa dilihat di atas, memesan undangan secara online memang menghemat waktu dan bukan tidak mungkin bisa menemukan harga yang lebih murah. Tapi tetap ada sisi lainnya yang harus dihadapi seperti harus sering menjalin komunikasi dengan vendor dan riset yang mendalam untuk menemukan vendor yang tepat. Tidak perlu ragu untuk memesan undangan pernikahan secara online, asal mengikuti langkah-langkah ini untuk menjamin kelancaran hari spesialmu.

Persiapkan hari spesial Anda dengan undangan istimewa yang dirancang oleh vendor profesional dari undanganpernikahansurabaya.net. Kami menyediakan beragam kebutuhan pernikahan. Mulai dari souvenir nikah, undangan nikah hingga jasa hias untuk seserahan dan mahar. Undangan nikah juga dapat disesuaikan dengan pesanan atau secara custom. Ada ribuan item undangan yang bisa dipilih dengan model kekinian dan keren. Seperti undangan vintage, undangan rustic, undangan industrial, undangan softcover, undangan akrilik, hingga undangan lasercutting yang sedang marak di dunia wedding.

Pemesanan atau info selengkapnya dapat menghubungi tim Anaria Wedding melalui aplikasi Whatsapp yang ada di bawah artikel ini.

 

Ikuti update kami di social media